Rabu, 10 Maret 2010

Tugas 1

Pertanyaan:
1. Jelaskan mengapa organisasi dan metode memainkan peranan penting dalam rangka proses manajemen?
2. Jelaskan mengapa hubungan manajemen dan tata kerja menurut pendapat anda?
3. Jelaskan mengapa hubungan manajemen, tata kerja dan organisasi bersifat erat?
4. Gambarkan dengan skema hubungan timbal balik antara manajemen, tata kerja dan organisasi menurut versi saudara dan jelaskan hubungannya?
Jawab:
1. Organisasi dan metode dapat dikatakan sebagai rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor-faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen yaitu mencapai tujuan apa yang telah ditetapkan.Oleh karena itu jika sebuah manajemen tidak menggunakan organisasi dan metode maka kegiatan manajemen tersebut tidak akan bisa berjalan dengan baik. Atau lebih tepatnya lagi tidak tidak dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.
Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a) Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
b) Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
c) Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.
Jadi hubungan antara manajemen dan tat kerja dapat dilukiskan seperti dibawah ini :
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai factor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
3. Eratnya hubungan antara Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja, disebabkan :
a. Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
b. Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja
sama.
c. Tata Kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus
dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
4. Manajemen adalah rancangan rencana untuk mencapainya suatu tujuan,
Organisasi adalah sebagai alat untuk mencapainya suatu tujuan tersebut.
tata kerja adalah pola cara bagaimana semua kegiatan kerja sama tersebut dapat berjalan dengan baik. manajemen, organisasi, tata kerja memiliki tujuan yang sama yaitu saling berhubungan demi tercapainya tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar