Selasa, 20 Maret 2012

Oracle Tawarkan Flexcube, Solusi TI Perbankan Syariah

Jakarta (ANTARA News) - Oracle Financial Service menawarkan Flexcube, sebuah solusi teknologi informasi khusus untuk perbankan syariah di Indonesia.

"Apa yang kami tawarkan di Indonesia adalah satu sistem untuk menangani semua kegiatan perbankan syariah, sebuah sistem yang terintegrasi," kata Jamil Hasan, Principal Consultant Islamic Banking Oracle Fincancial Service Software, dalam diskusi 'Strategi dan Solusi Oracle untuk Perbankan Syariah' di Jakarta, Selasa.

Menurutnya jika menggunakan sistem Oracle Flexcube maka perbankan syariah akan bisa mengamati nasabah secara keseluruhan dan menangani seluruh kepentingan nasabah hanya dengan satu sistem.

"Apa lagi dengan anggaran teknologi informasi dari bank syariah yang masih kecil, sistem ini akan sangat efektif," jelasnya lagi.

Oracle Flexcube, sebagai sebuah sistem khusus untuk perbankan syariah mempunyai beberapa modul bisnis yang terintegrasi yang menangani layanan finansial, 'accounts and deposits', treasury, dan 'trade finance'.

Dalam modul finansial misalnya telah tersedia sistem untuk menangani jenis layanan Murabaha, Ijarah, dan Mushraka.

Fitur-fitur yang tersedia juga terbilang lengkap seperti manajemen dokumen, monitoring aktivitas bisnis, customer service alerts, customer profiling, manajemen risiko, akunting, regulatory reporting, dan masih banyak lagi.

Oracle sendiri melirik Indonesia karena bisnis perbankan syariah di negara ini merupakan salah satu yang mempunyai potensi besar di dunia dewasa ini.

"Banyak bank-bank luar yang sebelumnya sudah berkecimpung dalam perbankan syariah berusaha merambah pasar Indonesia," ujar Jamil.

Sayangnya perbankan syariah di Indonesia, demikian data Oracle, baru mulai berkembang dengan karakter rata-rata berdiri kurang dari lima tahun dengan aset serta pelanggan kurang dari satu juta.

Selain itu ukuran assetnya juga kurang dari lima miliar dollar AS sehingga masih banyak ruang untuk berkembang.

Oracle Flexcube Islamic Banking sendiri telah digunakan oleh bank-bank syariah terkemuka di dunia seperti Dubai Islamic Bank, Noor Islamic Bank, dan Shamil Bank.

ANTARA News.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar